Sabtu, 15 September 2012

Spesifikasi dan Harga Nokia Lumia 610 Cukup Aplikatif

Spesifikasi dan Harga Nokia Lumia 610 Cukup Aplikatif - Nokia kembali menghadirkan perangkat terbarunya dari lini keluarga 'Lumia' yang menggunakan platform mobile buatan Microsoft, Windows Phone 7.5 Mango. Smartphone terbaru keluarga Lumia ini merupakan yang paling murah dibandingkan dengan 'keluarga Lumia' lainnya. Smartphone ini didesain untuk orang-orang yang memiliki bujet terbatas, namun ingin merasakan pengalaman dan sensasi dari platform buatan Microsoft. Ingin tahu lebih jauh? Silahkan simak ulasan CBN berikut ini.

Nokia Lumia 610 resmi masuk sebagai anggota keluarga dari Lumia dan dibandingkan dengan kedua saudaranya, Lumia 800 dan Lumia 710, perangkat ini ditawarkan dengan harga lebih murah, tentu saja dengan spesifikasi lebih rendah dibandingkan kedua 'saudara'-nya itu. Lini Lumia sendiri merupakan smartphone buatan Nokia yang menggunakan sistem operasi mobile buatan Microsoft, Windows Phone.

Untuk desain, tidak berbeda jauh dengan kedua 'saudara'-nya, Lumia 610 mengusung konsep full touch-screen berjenis candybar dengan tiga tombol dibawah layar. Tampilan luar dari smartphone ini cukup unik dengan sudut-sudut metalik dibentuk halus disertai dengan warna-warna seru dan cerah, mencerminkan khas anak muda. Bobotnya cukup ringan karean secara keseluruhan material yang digunakan cenderung plastik. Perangkat ini memang tidak masuk kategori 'tipis', namun tetap terasa pas dalam genggaman tangan dan kantong.

Perangkat ini dibekali layar sentuh berukuran 3.7 inci berteknologi TFT LCD yang mampu menghasilkan resolusi WVGA dan sentuhan yang responsif (capacitive touchscreen), serta multitouch. Selain itu, layar Lumia 610 juga dilengkapi dengan teknologi pelindung, Corning Gorilla Glass, yang akan menjaga layar Lumia 610 dari kecacatan karena goresan.

Untuk kamera, perangkat ini hanya dibekali satu kamera autofokus dibagian belakang berkapasitas 5 megapiksel yang dilengkapi dengan fitur-fitur standar smartphone masa kini, termasuk LED Flash, Face Detection, Geo-tagging, dan mampu merekam video berkapasitas 720p@30fps. Untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan kamera tersebut, Nokia menyediakan sebuah tombol dibagian samping.

Sementara untuk 'jeroan' dalamnya, perangkat yang dibekali platform Windows Phone 7.5 Mango ini didukung oleh sebuah prosesor single core berkecepatan 800MHz dan didukung oleh sebuah RAM sebesar 256MB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya, tersedia memori internal sebesar 8GB, yang bisa pengguna tambahkan menggunakan memori eksternal hingga 32 GB menggunakan slot microSD yang tersedia.

Pada bagian dukungan koneksinya, perangkat yang berjalan diatas jaringan GSM ini dilengkapi dengan 3G, GPRS/EDGE, Wi-Fi, Bluetooth 2.1, GPS, jack audio 3.5mm, microUSB, dan mendukung jaringan berkecepatan tinggi, dimana Nokia mengklaim Lumia 610 mampu mendownload (HSDPA) hingga 7.2 Mbps dengan upload (HSUPA) bisa mencapai 5.76 Mbps.

Dari segi aplikasi, Lumia 610 tidak berbeda jauh dengan 'keluarga Lumia' lainnya. Berbagai fitur dan aplikasi buatan Nokia maupun bawaan platform tersedia dan cukup beragam dalam mendukung kegiatan sehari-hari pengguna, termasuk Nokia Maps, Nokia Drive, Nokia Music, kemudahan dalam akses dan update situs-situs jejaring sosial populer (Facebook & Twitter) menggunakan PeopleHub, Windows Marketplace yang bisa pengguna manfaatkan dalam mencari aplikasi, serta masih banyak lagi.

Selain itu, pengguna juga disediakan fasilitas penyimpan gratis melalui Microsoft SkyDrive sebesar 250MB yang merupakan fasilitas jasa penyimpanan awan. Dengan menggunakan fasilitas ini akan memudahkan pengguna dalam menyimpan, mengedit, atau berbagi file dokumen. Lumia 610 juga dibekali aplikasi dokumen Microsoft Office yang berisi Word mobile, PowerPoint mobile, Excel mobile dan OneNote mobile.

Dan untuk meng-'hidup'-kan Lumia 610, Nokia membekalinya dengan baterai berkapasitas 1300 mAh, yang diklaim mampu bertahan hingga 580 jam pada saat standby dan 6 jam 30 menit pada saat digunakan untuk bicara.

Kesimpulannya, Lumia 610 bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman dan sensasi dari platform buatan Microsoft namun memiliki bujet terbatas. Desainnya yang unik dan khas anak muda membuat menawarkan sesuatu yang cukup berbeda dibandingkan dengan keluarga Lumia lainnya yang lebih cenderung 'matang'.

Secara kemampuan, smartphone buatan Nokia ini bukanlah yang terkuat dalam segi kemampuan. Hal ini dikarenakan 'kekuatan' utamanya yang cukup standar untuk sebuah smartphone masa kini. Akan tetapi, kemampuan dalam menjalankan multitasking masih cukup bisa diandalkan. Untuk fitur multimedia, tidak ada yang istimewa.

Sedangkan untuk fitur dan aplikasi yang ada, Lumia 610 tidak kalah pesaing sejenis, terutama smartphone berbasiskan Android. Selain itu, gabungan antara Nokia dan Microsoft menciptakan sebuah perangkat yang aplikatif dan membuat kegiatan sehari-hari semakin berwarna.

Namun, bila dibandingkan Android sejenis, rasa-rasanya Lumia 610 masih sedikit dibawah dalam hal aplikasi. Selain itu, dengan harga yang ditawarkan, Anda bisa mendapatkan Android dengan 'jeroan' yang lebih tinggi.

Spesifikasi dan Harga Nokia Lumia 610:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/1900/2100
Dimensi: 119 x 62 x 12 mm;
Bobot: 131.5 gram;
Layar: 3.7 inci WVGA (480x800 piksel) LCD TFT Capacitive Touchscreen, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Proximity sensor for auto turn-off, Multitouch, Corning Gorilla Glass;
Kamera: 5 MP, 2592x1944 piksel, with LED flash, Auto-focus, Geo-tagging, Face Detection, Video Recording 720@30fps;
OS: Windows Phone 7.5 Mango;
Chipset: 800 MHz;
Memori: 256MB (RAM), 8GB (Internal Memori) + microSD (Up to 32GB);
Konektivitas: 3G, GPRS/EDGE, HSDPA 7.2 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, Wi-Fi, Bluetooth 2.1 + A2DP, jack audio 3.5mm, dan microUSB;
Fitur Lain: SNS integration, Digital compass, A-GPS, Radio FM with RDS, MMS, Email, Push email, IM, Browser HTML5, Browser IE 9, Multimedia player, Voice memo/dial, Predictive text input, Document viewer, Video/photo editor, Active noise cancellation with dedicated mic, Nokia Maps, Nokia Drive, Nokia Music, Windows Marketplace;
Baterai: Li-Ion 1300 mAh.

Spesifikasi dan Harga Nokia Lumia 610 Cukup Aplikatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Popular Posts