Sabtu, 15 September 2012

Samsung Galaxy Note 10.1 Tablet Premium dengan Stylus S Pen

Samsung Galaxy Note 10.1 Tablet Premium dengan Stylus S Pen - Samsung kembali menghadirkan 'masterpiece' terbarunya yang berbasiskan Android untuk pasar mobile device. Kali ini adalah generasi terbaru dari Galaxy Note. Perangkat ini sebelumnya memiliki layar 5.3 inci dengan dibekali oleh sebuah alat input yang disebut Pen Stylush. Untuk yang terbaru ini, Samsung membekali dengan layar yang lebih lebar dan tentu saja dengan fitur dan spesifikasi yang lebih baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan predesornya itu. Penasaran? Silahkan simak ulasan CBN berikut ini.

Samsung Galaxy Note 10.1 merupakan produk terbaru vendor yang berbasis di Korea Selatan. Perangkat ini sebelumnya telah di pamerkan di acara Mobile World Congress 2012 pada bulan Februari 2012 lalu. Akan tetapi, meski telah dipamerkan pada bulan Februari, pihak Samsung baru merilis ke pasar global pada pertengahan tahun ini.

Dibandingkan dengan Galaxy Note sebelumnya yang berukuran 5.3 inci, Galaxy Note 10 ini lebih mengedepankan fungsi tablet dibandingkan dengan fungsi ponsel. Bisa jadi dihadirkannya Galaxy Note adalah sebagai diferensiasi dari tablet PC Samsung lainnya, Galaxy Tab, yang telah lama malang melintang di pasar tablet.

Dari sisi desain, tablet Galaxy Note ini sangat lebar. Hal ini dikarenakan ukuran layarnya yang masif untuk ukuran sebuah tablet. Samsung sendiri menggunakan bahan plastik untuk body Galaxy Note, sehingga bobotnya menjadi ringan dengan ketebalan yang cukup tipis untuk sebuah tablet. Tersedia beberapa tombol di berbagai sisi-sisi tablet buatan Samsung ini, serta disediakan pula sebuah 'ruangan' khusus untuk menempatkan perangkat S-Pen.

Sesuai dengan labelnya, Galaxy Note 10.1, Samsung membekali perangkat Androidnya ini dengan layar masif-lebar berbentuk diagonal, 10.1 inci yang mampu menghasilkan resolusi tampilan 800x1280 piksel. Sementara untuk teknologi layarnya, Samsung mempercayakan PLS TFT berkemampuan layar sentuh kapasitif yang responsif terhadap sentuhan jari dan mendukung layar definisi tinggi. Yang menariknya, layar tablet Samsung ini bisa dibagi dua, sehingga pengguna dapat menjalankan dua kegiatan secara bersamaan.

Khusus untuk fasilitas multimedia, terutama kameranya, Galaxy Note 10.1 dibekali dengan dual-kamera, dimana kamera utamanya yang terletak dibelakang memiliki kapasitas 5 megapikse dengan fitur, antara lain LED flash, autofocus, geo-tagging, dan perekaman videoHD 720p@30fps. Sedangkan kamera satunya terletak dibagian depan dengan kapasitas 1.9 megapiksel, yang bisa digunakan untuk video call.

Untuk Android yang digunakan, Samsung mempercayakan Ice Cream Sandwich sebagai platform utamanya yang didukung oleh sebuah perangkat lunak manajemen antarmuka buatan Samsung yang sudah cukup populer di kalangan pengguna perangkat buatan Samsung, TouchWiz 4.0. Rencananya sebelum akhir tahun ini, Samsung akan mengupgrade Androidnya menjadi Jelly Bean.

Sementara untuk perangkat kerasnya, Samsung memberikan dukungan tabletnya ini serupa dengan flagship Samsung, Galaxy S III, dimana prosesornya adalah chipset quad-core Exynos berkekuatan 1.4GHz yang didukung RAM 2 GB, membuat kinerja dan kecepatan Galaxy Note 10.1 sudah pasti memuaskan para penggunanya. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan internal, Samsung memberikan pilihan kepada penggunanya, 16/32/64 GB. Namun, Jika terasa tidak cukup, tablet ini juga dilengkapi dengan sebuah slot microSD yang mampu mengampung hingga 64GB.

Meski berjenis tablet, Galaxy Note juga bisa difungsikan sebagai ponsel. Hal ini jelas memberikan keuntungan. Selain itu, terdapat pula dukungan terhadap koneksi lokal, semacam WiFi, Bluetooth, dan jaringan kecepatan tinggi (HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps), port audiojack 3.5mm, infra merah, serta beberapa port USB.

Karena ini sebuah tablet PC, Samsung menyediakan pula beberapa fitur dan aplikasi premium, semakin memperkaya dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para penggunanya, sebut saja Adobe Photoshop Touch, S Memo, S Planner, Crayon physics, Polaris Office, dan Mini Apps Tray, di mana pengguna bisa secara langsung menampilkan beberapa aplikasi di bagian bawah layar yang akan memudahkan para pengguna berganti menu. Selain itu, tersedia pula aplikasi, semacam music hubs, video hubs, pop up play, dan games hubs, serta S Note, aplikasi yang dibuat khusus untuk digunakan dengan stylus S Pen.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi unik built-in yang tersedia, salah satunya adalah fitur Remote Control, dimana pengguna bisa menggunakannya untuk mengendalikan televisi, dan menariknya tidak hanya televisi buatan Samsung. Tablet ini sendiri diperkuat oleh sebuah baterai Li-Ion berkapasitas besar, 7000 mAh, yang pastinya akan memberikan daya tahan hidup lebih lama dan membuat pengguna bisa berlama-lama menggunakan tablet ini.

Kesimpulannya, Galaxy Note 10.1 bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menghendaki sebuah tablet berkelas premium. Dengan dukungan perangkat keras mumpuni, tablet ini sudah pasti memberikan kinerja dan kecepatan yang bisa diandalkan, terutama untuk kegiatan 'berat'. Meski begitu, kritikan tetap diberikan, terutama yang berkaitan pada bagian luar (body).

Penggunaan material plastik sebagai bahan baku bagi body Galaxy Note 10.1 memang memberikan keuntungan tersendiri pada sisi bobotnya, namun, hal ini mengurangi kesan premium dan terasa ringkih serta licin pada saat digenggam oleh tangan. Dimensi ukurannya yang cukup masif, bisa juga memberikan kesulitan dan kelelahan pada tangan bila digenggam secara kontinyu. Untuk layarnya tidak ada yang istimewa, dibandingkan dengan kompetitor sejenis, bahkan terkesan standar, untuk sebuah tablet berkelas premium.

Begitu pula pada sisi multimedia, tidak ada yang menonjol, termasuk kamera yang ada. Namun, yang membedakan Galaxy Note dengan tablet sejenis, termasuk Galaxy Tab adalah keberadaan Digital Stylus S Pen, yang merupakan perangkat berbentuk pulpen yang menjadi andalan Samsung untuk menarik perhatian konsumen.

Perangkat ini sendiri ditemani oleh sebuah aplikasi bernama S Note. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam template, dari mulai sekadar menggambar, menulis, hingga menyusun majalah elektronik. Semua itu akan mudah dijalankan dengan S Pen. Dan masih banyak lagi yang bisa dijalankan oleh 'pasangan' tersebut.

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 850/900/1700/1900/2100;
Dimensi: 262 x 180 x 8.9 mm;
Bobot: 600 gram;
Layar: 10.1 inci (800 x 1280 piksel) PLS TFT Capacitive Touchscreen, Multi-touch input method, Accelerometer, Proximity sensor for auto turn-off;
Chipset: Quad-core 1.4 GHz Exynos + GPU Mali-400MP;
OS: Android 4.0 ICS + TouhWiz UI 4;
Kamera Utama (Belakang): 5MP (2592х1944 piksel), Autofocus, LED Flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, Digital zoom, Video Recording 720p@30fps;
Kamera Tambahan (Depan): 1.9MP, Video recording 720p@30fps (video call);
Memori: RAM 2 GB, 16/32/64 GB (Internal/opsional), slot microSD (up to 64 GB);
Konektivitas: GPRS, EDGE, WiFi, Bluetooth 4.0, port microUSB v2.0 with MHL support USB On-The-Go, HSDPA (21 Mbps), HSUPA (5.76 Mbps), Infrared, dan Audiojack 3.5mm;
Fitur Lain: Digital S-Pen, S Note, Smart Stay, Adobe Photoshop Touch, S Beam, Smart Call, Smart Alert, Browser & Messaging, HTML 5. WAP 2.0, Adobe Flash, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Google Play ,Google Talk, Gmail, Google Maps, Google +, Facebook, MySpace, Twitter, Text to Speech, Google Voice Search, Adobe Flash, Digital Compass, HTML browser, Adobe Flash, Radio FM stereo dengan RDS, GPS with A-GPS dan GLONASS, S Memo, S Planner, Crayon physics, Java MIDP emulator, Pembatalan bising aktif dengan mic khusus, TV-out (melalui mhl A / V link), SNS integrasi, multimedia player, Organizer, Image/Video editor, Polaris Office, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integrasi, Voice memo / dial / perintah, Input teks prediksi (Swype), dan masih banyak lagi;
Baterai: Li-Ion 7000 mAh.

Samsung Galaxy Note 10.1 Tablet Premium dengan Stylus S Pen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Popular Posts