Sabtu, 15 September 2012

Spesifikasi Sony Xperia Sola

Spesifikasi Sony Xperia Sola - Satu lagi perangkat ponsel pintar Android terbaru dari Sony meluncur ke pasar meramaikan persaingan. Perangkat yang masuk keluarga Xperia ini masuk dalam kategori smartphone high-end dengan berbagai fitur dan fasilitas 'bintang lima'. Salah satu fitur yang menarik adalah yang disebut dengan 'Floating Touch'. Seperti apakah fitur tersebut? Silahkan simak review CBN berikut ini.

Sony Xperia Sola baru saja diperkenalkan vendor berbasiskan Jepang tersebut. Perangkat Android ini siap meramaikan blantika persaingan smartphone, terutama di kategori high-end. Untuk lebih menarik hati para konsumennya dan mengungguli para pesaingnya, Sony pun menyertakan berbagai fitur menarik dan unik para perangkat terbarunya ini.

Pada bagian desain, Sony menggarap Sola dengan desain full-touch candybar. Namun, dikarenakan Sola bukan bagian dari seri NXT, ponsel ini sedikit berbeda dari segi desain. Dimensi ukuran yang diusungnya cukup nyaman pada saat digenggam ditangan. Bobotnya juga ringan, meski bukanlah teringan. Hal ini mengingat, material yang digunakan berbahan plastik yang dibalut dengan bahan doff, memberikan kesan menarik.

Untuk layarnya, Xperia Sola dibenamkan layar sentuh kapasitif, sehingga membuatnya responsif terhadap sentuhan jari. Sementara untuk teknologi layar yang digunakan adalah LED-backlit LCD berukuran 3,7 inci, yang menghasilkan 16 juta warna beresolusi FWVGA (480 x 854 piksel). Seperti halnya keluarga Xperia lainnya, Sola juga dibenamkan teknologi Mobile Bravia Engine, yang diklaim mampu menghasilkan tampilan yang terang dan kaya akan warna.

Dan inilah salah satu teknologi yang akan dijual (yang dijanjikan akan diterapkan pada perangkat smartphone Sony generasi berikutnya), termasuk Sola, yakni teknologi Floating Touch. Teknologi ini dijanjikan sebagai teknologi yang akan memberikan pengalaman yang lebih di era layar sentuh, dimana pengguna dapat melakukan navigasi maupun browsing di layar tanpa harus menyentuh layar.

Sedangkan untuk multimedia, terutama dari segi kamera, Xperia Sola dibekali kamera beresolusi 5 MP (2592 x 1944 piksel) yang didukung fitur-fitur, seperti autofocus, LED flash, 3D Sweep Panorama, 3D Sweep Angle, Sweep Panorama, mode scene, Smile Shutter, dan masih banyak lagi. Kamera ini juga dilengkapi fasilitas perekaman video, yang mampu menghasilkan video beresolusi HD 720p, didalamnya juga terdapa fitur-fitur, semacam mode scene, exposure, photo light, serta image stabilizer. Tidak ada kamera sekunder, sehingga pengguna tidak bisa berkomunikasi via video chat.

Pada bagian jeroannya, Sola dilengkapi oleh sebuah prosesor dual-core Nova Thor U8500 Cortex-A9 berkecepatan 1GHz serta chipset grafis Mali-400 yang didukung RAM 512MB, dan memori internal sebesar 8 GB. Bila kapasitas penyimpanan sebesar itu belum cukup, pengguna bisa meningkatkannya dengan menggunakan slot microSD tersedia yang mampu menampung memori eksternal hingga 32GB. Semua itu untuk menjalankan platform Android 2.3 Gingerbread dan TimeScape UI buatan Sony.

Sementara dari segi koneksi yang mendukungnya, Xperia Sola adalah salah satu smartphone kelas menengah yang lengkap. Ponsel pintar yang berjalan diatas jaringan GSM ini didukung oleh berbagai koneksi lokal, antara lain Bluetooth 3.0, WiFi, A-GPS, USB On-the-Go, jaringan kecepatan tinggi (HSPA), dan NFC. Teknologi terakhir yang disebutkan, membuat Sola bisa Anda jadikan sebagai 'dompet digital'. Selain itu, ada pula fitur DLNA, yang memberikan kemampuan dalam memutar video, melihat foto, bahkan mendengarkan musik ke berbagai perangkat yang juga memiliki bersertifikasi teknologi DLNA.

Secara default, Sola telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi yang cukup banyak, dari mulai aplikasi bawaan platform, multimedia yang kaya fitur, games, aplikasi perkantoran, dan masih banyak lagi. Sama dengan perangkat Sony lainnya yang menonjolkan suara audio, Sola juga dilengkapi dengan fitur audio yang bernama xLOUD yang secara default ada di speaker, sehingga menghasilkan keluaran suara volume yang jernih dan kencang.

Dari segi baterai yang digunakan, tidak ada yang istimewa, bahkan terkesan standar. Sony hanya membekali ponsel Android terbarunya ini dengan baterai berjenis Lithium Ion (Li-Ion) berkapasitas 1320 mAh. Baterainya ini secara internal telah tertanam di body ponsel, sehingga tidak dapat dicopot. Baterai ini diklaim mampu bertahan hingga 470 jam pada saat standby, 6 jam pada saat digunakan untuk bercakap-cakap secara terus-menerus.

Kesimpulannya, perangkat ini tidak terlalu istimewa. Desain dan material yang digunakan merupakan standar ponsel pintar kelas menengah. Hanya saja, kesan yang ditampilkan memberikan rasa ketertarikan, ditambah dengan bobotnya yang cukup ringan serta ketebalan yang cukup.

Yang menarik, tentu saja teknologi terbaru yang dibenamkan pada Sola, yakni teknologi sentuhan mengambang-nya atau Floating Touch. Meski tidak istimewa banget, namun rasa-rasanya cukup membuat penasaran, mirip dengan teknologi Shake yang pernah diperkenalkan pada ponsel seri Walkman Sony.

Dukungan dari 'senjata utama'-nya memberikan nilai tambah bagi Sola. Prosesor yang ada memberikan performa yang cukup mumpuni, baik itu untuk multitasking maupun menjalankan berbagai kegiatan 'berat' sekalipun di perangkat ini. Hanya saja, untuk tampilan layar, tampaknya para pengguna Sola jangan terlalu berharap banyak, tapi tidak bisa dibilang buruk. Keberadaan fitur Mobile Bravia Engine, berhasil membuat tampilan layar Sola tidak 'biasa'.

Selain itu, harga yang ditawarkan juga terbilang cukup baik untuk ponsel kelas menengah ditambah dengan keberadaan fitur NFC, bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.


Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100/850/1900;
Dimensi: 116 x 59 x 9.9 mm;
Bobot: 107 gram;
Layar: 3.7 inci (480 x 854 piksel) LED-backlit LCD Capacitive Touchscreen, Multitouch up to 4 fingers, Scratch-resistant glass, Sony Mobile BRAVIA Engine, Floating Touch Technology;
Prosesor: Dual-core 1GHz Cortex-A9;
OS: Android 2.3 (Gingerbread) + Timescape UI;
Kamera: 5MP (2592x1944 piksel), Autofocus, LED Flash, Touch focus, Geo-tagging, Face Detection, image stabilization, 3D sweep panorama, Video Recording 720p@30fps, Video Light;
Memori: 512MB (RAM) + 8GB (Internal), microSD (up to 32GB);
Konektivitas: GPRS/EDGE, WiFI, HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, Bluetooth 3.0, WiFi Direct, WiFi hotspot, port microUSB v2.0, DLNA, NFC, dan Audiojack 3.5mm;
Fitur Lain: 3D surround sound enhancement, Active noise cancellation with dedicated mic, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Proximity sensor, Gyro sensor, A-GPS, Digital compass, TV launcher, Multimedia Player App, Organizer, Image/video editor, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration, Adobe Flash 10.1 support, Voice memo/dial/commands, Predictive text input, Browser HTML5, Radio FM with RDS, Social networking integration, TrackID music recognition, Java via Java MIDP emulator;
Baterai: Li-Ion 1320 mAh.

Spesifikasi Sony Xperia Sola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Popular Posts