Sabtu, 15 September 2012

Spesifikasi LG Optimus 4X HD Android ICS Empat Inti Berdesain Unik dan Menarik

Spesifikasi LG Optimus 4X HD Android ICS Empat Inti Berdesain Unik dan Menarik - Persaingan diantara smartphone berkekuatan empat inti atau quad core mulai ramai dan sengit di pasaran, termasuk di Indonesia. Salah satu vendor yang meramaikan persaingan di kelas ini adalah LG. Kompatriot Samsung ini baru saja mendaratkan smartphone Android terbarunya yang berkecepatan quad core di Indonesia dengan nama LG Optimus 4X HD. Sebelumnya, telah ada HTC One X dan Samsung Galaxy S III yang berusaha menarik hati para pengguna smartphone, khususnya kelas menengah. Mau tahu lebih jauh lagi tentang perangkat buatan LG ini? Silahkan simak ulasan CBN berikut ini.

LG Optimus 4X HD pertama kali diumumkan pada bulan Februari lalu di Barcelona, Spanyol. Kehadirannya kala itu banyak disorot, karena smartphone buatan LG tersebut merupakan yang pertama di dunia dengan kekuatan empat inti atau quad core. Namun, untuk ketersediaan di pasar, perangkat LG berbasiskan Android tersebut bukanlah yang pertama, termasuk di Indonesia, yang sebelumnya telah hadir smartphone quad core buatan HTC dan Samsung.

Dari segi tampilan luar, LG Optimus 4X secara sekilas mirip dengan ponsel LG lainnya yang berkategori fashion, LG Prada, hanya ukurannya yang berbeda. Sementara untuk material pembuatannya sebagian besar dari plastik, sehingga bobotnya terasa ringan. Plus, didukung dengan ukurannya yang masuk dalam kategori tipis. Namun, dimensi ukurannya secara keseluruhan cukup besar, hal ini untuk mendukung penampang layarnya yang juga cukup lebar dan panjang.

Ukuran layar yang dibenamkan LG pada perangkat terbarunya ini memang cukup besar, 4,7 inci. Sedangkan untuk teknologi layarnya, LG mempercayakan True HD-IPS LCD yang mampu menghasilkan resolusi yang cukup tinggi, 720x1280 piksel dan sentuhan responsif, karena telah dibekali teknologi layar sentuh kapasitif. Selain itu, seperti halnya smartphone kelas atas lainnya, LG memperkuat perangkatnya ini dengan teknologi anti-gores, Corning Gorilla Glass.

Sedangkan untuk sektor multimedia dari sisi kamera, LG membenamkan kamera ganda pada Optimus 4X. Untuk kamera utamanya, bisa dilihat dibagian belakang yang telah dibekali kamera berkapasitas 8 MP, yang didukung fitur-fitur, seperti autofocus, LED flash, face detection, dan tentu saja perekaman video yang mampu merekam video high definition (HD) 1080@30fps. Sementara untuk kamera keduanya, LG menempatkan dibagian depan yang memiliki resolusi 1.3 MP, yang bisa digunakan sebagai perantara Anda dalam video chat.

Seperti yang telah disebutkan di awal, smartphone ini mengusung prosesor empat inti atau quad-core. Untuk itu, LG mempercayakan chipset buatan Nvidia, yaitu Tegra 3 yang memiliki kecepatan 1,5 GHz yang didukung oleh sebuah chipset grafis ULP GeForce serta RAM sebesar 1 GB. Untuk kapasitas penyimpanannya, LG membekali perangkat Androidnya ini dengan memori internal sebesar 16 GB serta sebuah slot microSD yang bisa dipergunakan dalam menambah kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.

Dari segi dukungan koneksi, perangkat yang berjalan diatas jaringan GSM ini sangat lengkap, dari mulai Bluetooth 4.0, WiFi, jaringan berkecepatan tinggi (HSPA), DLNA, dan NFC. Selain itu, tersedia beberapa port, antara lain microUSB, jack audio 3.5mm, dan MHL with TV-out. LG mengklaim perangkat ini mampu mendownload (HSPDA) hingga kecepatan 21 Mbps serta upload (HSUPA) 5.76 Mbps.

Untuk Android yang digunakan, LG mempercayakan Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) dan tidak lupa LG juga menyertakan perangkat lunak manajemen antarmuka buatan sendiri yang bernama Optimus UI versi 3.0. Yang menarik dari dari perangkat lunak ini, kemudahan dalam melakukan kustomisasi, mampu menampilkan icon dalam jumlah banyak pada satu layar.

Selain itu, masih banyak fitur dan fasilitas lain yang tersedia di perangkat quad-core LG ini. Salah satunya adalah fitur yang disebut Quick Memo. Perangkat lunak ini, seperti CBN kutip dari Detikinet, memiliki kemampuan yang cukup unik dan menarik, selain bisa dipakai untuk screen capture, tapi dapat pula digunakan untuk menulis atau corat-coret di layar, kemudian Anda bisa menyimpannya atau mengirimnya via email atau pun sosial media. Sementara untuk daya hidupnya, LG membenamkan baterai berkapasitas cukup mumpuni, 2140 mAh.

Kesimpulannya, sebagai perangkat high-end, LG Optimus 4X HD cukup menarik dan patut diperhitungkan. Desainnya yang sedikit 'nyeleneh' dibandingkan para pesaingnya, dimana Optimus 4X HD ini cenderung 'kotak', memiliki keunikan tersendiri, namun tetap terlihat eye-catching. Yang menonjol, tentu saja 'otak' yang benamkan pada perangkat Android ini.

Dipilihnya Tegra 3 dari Nvidia memberikan keuntungan tersendiri. Prosesor ini diklaim memiliki inti kelima, yang akan aktif dan mampu meminimalisir penggunaan baterai. Seperti diketahui, perangkat Android dikenal boros dalam hal penggunaan baterai. Selain itu, dengan prosesor seperti itu, pengguna akan dengan lancar melahap dan melakukan kegiatan berat disini, seperti multitasking atau bermain game HD. Kualitas hasil layarnya juga masuk dalam kategori bagus, bening dan terang dalam situasi dan kondisi apapun.

Baterai yang diusungnya juga termasuk bagus dan berdaya tahan tinggi, serta dibandingkan dengan smartphone sejenis, terutama Samsung Galaxy S III dan HTC One X, Optimus 4X HD memiliki harga yang lebih murah. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang menghendaki ponsel berkekuatan empat inti.

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/1900/2100;
Dimensi: 132.4 x 68.1 x 8.9 mm;
Bobot: 133 gram;
Layar: 4.7 inci True HD-IPS LCD Capacitive Touchscreen HWVGA (720 x 1280 piksel), Multitouch, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Proximity sensor for auto turn-off, Corning Gorilla Glass;
Chipset: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A9 Nvidia Tegra 3, GPU ULP GeForce;
OS: Android 4.0 (ICS) + Optimus UI 3.0;
Kamera Utama (Belakang): 8 MP, 3264 x 2448 piksel, with Autofocus, LED Flash, geo-tagging, Face Detection, image stabilization, Video Recording 1080@30fps;
Kamera Tambahan (Depan): 1.3MP;
Memori: RAM 1 GB, 16 GB Internal Memori, Slot microSD (up to 32GB);
Konektivitas: GPRS/EDGE, HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 kbps, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 + A2DP, jack audio 3.5mm, microUSB, MHL TV-out, NFC dan DLNA;
Fitur Lain: SNS integration, Digital compass, GPS with A-GPS, Stereo FM radio with RDS, Push email, IM, Browser HTML5, Adobe Flash Lite, Java MIDP emulator, DivX/XviD video support, MP4/H.263/H.264/WMV player, MP3/eAAC+/WMA/WAV player, Active noise cancellation with dedicated mic, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration, Voice memo/dial, Predictive text input, YouTube application, Document viewer, Photo viewer, Polaris Office document editor.
Baterai: Li-Ion 2140 mAh.

Spesifikasi LG Optimus 4X HD Android ICS Empat Inti Berdesain Unik dan Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Popular Posts