Sabtu, 15 September 2012

Spesifikasi Motorola Defy XT Smartphone Android Tangguh Berdesain Elegan

Spesifikasi Motorola Defy XT Smartphone Android Tangguh Berdesain Elegan - Saat ini mulai banyak vendor yang mengadopsi perangkat smartphone 'tangguh'. Yang dimaksud 'tangguh' ini adalah perangkat yang mampu tahan terhadap 'gangguan' dari luar, termasuk air, debu, dan goresan. Salah satu vendor yang concern terhadap hal ini adalah Motorola. Ini bisa dilihat dengan diluncurkannya seri smartphone tangguh dengan nama sandi 'Defy'. Untuk seri ini Motorola telah menggelontorkan beberapa seri Defy, termasuk yang satu ini. Diklaim sebagai smartphone Android tangguh, Motorola berharap Defy terbaru ini mampu menarik minat para pengguna, terutama yang kegiatannya cenderung outdoor. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan simak ulasan CBN berikut ini.

Defy XT adalah smartphone Android terbaru Motorola berkonsepkan perangkat mobile outdoor. Vendor yang kemudian berubah menjadi Motorola Mobility ini setelah diakuisisi oleh Google ini menargetkan smartphone Android terbarunya ini untuk kalangan yang aktifitasnya lebih sering di luar ruangan, sehingga Defy XT pun dilengkapi dengan fitur dan sertifikasi yang tahan terhadap percikan air, debu, dan goresan.

Perangkat ini sendiri bukanlah yang pertama dikeluarkan oleh vendor yang berasal dari Amerika Serikat tersebut. Boleh dibilang inilah generasi penerus dari ponsel luar rungan Motorola dari keluarga Defy. Sebagai suksesor, Defy XT tentu saja dilengkapi dengan fitur dan fasilitas yang lebih baik dan terkini dibandingkan seri Defy sebelumnya.

Untuk urusan tampilan luar, Defy XT dengan Defy sebelumnya tidaklah berbeda jauh. Desain candybar full-touchscreen-nya dirancang simpel, namun tetap tidak meninggalkan kesan elegan dan tampak 'macho'. Dan agar bisa kedap air dan debu, Motorola membuat desain bodynya lebih rapat. Untuk casingnya, Motorola memilih bahan karet, sehingga perangkat ini terasa nyaman dan mantap saat digenggam. Ukuran dimensi yang diadopsinya juga membuat perangkat ini cukup nyaman ditaruh didalam saku.

Sementara untuk ukuran layarnya, Motorola membenamkan layar sentuh TFT berukuran 3.7 inci yang mampu menangkap sekitar 16 juta warna serta memiliki resolusi ukuran maksimal 480x854 piksel, bukanlah tertinggi, tapi tetap masih terasa nyaman untuk bermain game atau menonton video. Layar sentuhnya ini dibenamkan teknologi layar sentuh kapasitif dan diperkuat teknologi pelindung Corning Gorilla Glass, sehingga tahan terhadap goresan, serta fitur multitouch navigation.

Dibagian kamera, Motorola menyediakan kamera ganda (dual-camera). Untuk kamera utama, Motorola menempatkan kamera autofocus berkapasitas 5 MP dibagian belakang yang dilengkapi LED-flash, geo-tagging, image stabilization, dan tentu saja perekaman video. Sedangkan untuk kamera depannya, Defy XT hanya menyediakan kamera berjenis VGA.

Soal dapur pacunya, Defy XT dilengkapi dengan prosesor single-core sebesar 1 GHz yang didukung oleh sebuah RAM sebesar 512MB dan internal memori 1GB. Namun, Anda bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan tersebut secara eksternal menggunakan slot microSD yang tersedia hingga 32GB. Semua itu digunakan untuk menjalankan platform (sayangnya) Android 2.3 Gingerbread yang didukung oleh sebuah perangkat lunak manajemen antarmuka buatan Motorola yang bernama MotoSwitch UI.

Sementara untuk konektivitasnya, Motorola Defy XT memiliki kelengkapan koneksi jaringan yang tidak kalah dengan smartphone high-end lainnya, termasuk diantaranya mendukung jaringan kecepatan tinggi, baik itu HSDPA ataupun HSUPA. Selain itu, tersedia pula fitur koneksi lainnya, seperti WiFi, WiFi Direct, WiFi hotspot, Bluetooth, microUSB, jack audio, dan DLNA.

Yang menarik dari perangkat lunak ini adalah kemampuannya, dimana perangkat ini akan mengumpulkan semua referensi milik pengguna dan menyimpannya secara terorganisir. Selain itu, pengguna akan mengetahui mengetahui dengan siapa berbicara dan aplikasi apa yang digunakan oleh lawan bicaranya. Selain itu, perangkat ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP67, yang berarti menjamin serta mendukung kegiatan luar ruangan para pengguna yang harus berhadapan dengan beragam rintangan, termasuk kemampuan menahan guncangan, terpaan debu dan mampu bertahan di dalam air dikedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Ada pula fitur yang disebut dengan Social Graph, dimana pengguna bisa dengan cepat dan mudah dalam mengakses orang-orang atau kerabat yang sering pengguna hubungi. Fitur ini akan mempelajari siapa saja orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan pengguna dan menggunakan informasi tersebut untuk mengisi layar homescreen perangkat. Karena itu, semakin sering berkomunikasi dengan seseorang, ikon orang tersebut akan semakin terlihat/membesar di homescreen tampak.

Tidak lupa, disertakan juga beberapa fitur standar yang lazim ada di perangkat berbasiskan Android, antara lain browser HTML, document and photo viewer, memo, organizer dan lainnya. Sementara untuk daya tahannya, Motorola membenamkan baterai berkapasitas 1650 mAh, yang mampu bertahan dalam keadaan stand by selama lebih dari 290 jam dan 9 jam lebih pada saat digunakan untuk berkomunikasi (talk time) secara terus menerus.

Kesimpulannya, Defy XT memang lebih sesuai untuk orang-orang yang berkegiatan outdoor, karena mampu bertahan dalam situasi dan kondisi apapun, terutama Anda yang sering melakukan kegiatan berpetualang, seperti hiking, mendaki gunung, berpetualangan di lautan lepas, ataupun sekadar berwisata.

Desainnya juga tidak 'norak', bahkan berkesan simple, elegan, dan ringan, sehingga Anda bisa menempatkannya di saku celana. Materialnya yang terbuat dari karet, membuatnya mantap saat digenggam tangan. Ukuran layarnya juga tidak terlalu kecil meski tidak besar. Selain itu, teknologi layarnya juga standar, sehingga bagi Anda yang cenderung lebih nyaman dengan layar lebar dan tampilan memukau, Defy XT bukanlah pilihan.

Khusus untuk multimedia, terutama pada bagian kamera, Defy XT termasuk standar. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak terlalu concern dengan kualitas tinggi, Defy XT masih bisa dipilih dari segi kamera, karena kapasitas dan fitur standar pada kamera perangkat ini, tentu saja akan mengecewakan bagi Anda yang seorang pecinta fotografi. Selain itu, kualitas perekaman video yang dihasilkan bisa mengecewakan.

Untuk kinerja, perangkat buatan Motorola bukanlah tertinggi, tapi bukanlah terendah. Bila ditilik dari prosesor yang digunakan, Anda masih bisa menggunakannya untuk kegiatan multitasking tanpa ada hambatan. Namun, yang mungkin dipertanyakan, kenapa Motorola hanya membenamkan Android Gingerbread pada perangkatnya ini.

Namun, semua itu (bisa) tertutupi dengan begitu banyaknya fitur dan koneksi jaringan yang lengkap, apalagi orang-orang yang sering berkegiatan luar yang membutuhkan koneksi jaringan lengkap untuk tetap berhubungan. Dan tentu saja, jaminan ketahanan dan ketangguhan dalam menahan percikan air, debu, goresan, serta guncangan.

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100;
Dimensi: 115 x 58.5 x 11.95 mm;
Bobot: 109 gram;
Layar: 3.7 inci (480 x 854 piksel) FWVGA Capacitive Touchscreen, Corning Gorilla Glass, Light sensor, Multi-touch input method, Accelerometer, Proximity sensor for auto turn-off;
Chipset: Single-core 1GHz Qualcomm MSM7227;
OS: Android 2.3 Gingerbread + MotoSwitch UI 2.0;
Kamera Utama (Belakang): 5MP ( 2592x1944 piksel), Autofocus, LED Flash, Geo-tagging, image stabilization, Video Recording@30fps;
Kamera Tambahan (Depan): VGA (video call);
Memori: RAM 512 MB, 1 GB (Internal Memori), slot microSD (up to 32GB);
Konektivitas: GPRS/EDGE, WiFi, WiFi Direct, Bluetooth with A2DP, HDSPA, HSUPA, port microUSB v2.0, port DLNA, dan Audiojack 3.5mm;
Fitur Lain: IP67 Certification, GPS Digital compass, Multimedia Player App, Organizer, Image/video editor, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Active noise cancellation with dedicated mic, Calendar, Voice memo/dial/commands, Predictive text input, Browser HTML, Adobe Flash, Radio FM with RDS, SNS Integration, Photo viewer/editor, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration, Java MIDP emulator;
Baterai: Li-Ion 1650 mAh.

Spesifikasi Motorola Defy XT Smartphone Android Tangguh Berdesain Elegan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Popular Posts