Sabtu, 15 September 2012

Spesifikasi LG Optimus L3 Low Budget, Desain Menarik

Spesifikasi LG Optimus L3 Low Budget, Desain Menarik - Tidak mau kalah dengan kompatriotnya, Samsung, LG belum lama ini meluncurkan perangkat smartphone Android terbarunya untuk pasar Indonesia. Ponsel pintar LG terbaru ini bisa jadi merupakan upgrade dari Optimus Me dan lebih menargetkan untuk kalangan pemula maupun kaum muda, sehingga dipastikan akan dilepas dengan harga cukup terjangkau. Namun, desainnya yang mengadopsi LG Prada membuatnya terlihat menarik. Penasaran? Silahkan simak ulasan kami berikut ini.

LG Optimus L3 baru saja dilepas ke pasaran Indonesia. Perangkat ponsel pintar terbaru dari kompatriot Samsung ini diharapkan mampu menarik perhatian para pecinta ponsel pintar di Tanah Air. Dibandingkan dengan Samsung, LG memang tidak seberuntung di pasar ponsel pintar. Meski terus menerus menggulirkan berbagai model smartphone, LG tetap menjadi bayang-bayang Samsung.

Secara umum, Optimus L3 memiliki kesamaan dengan Optimus Me, terutama dari sisi harga. Akan tetapi, ditilik dari desain body yang dibenamkan, Optimus L3 menyerupai LG Prada, yang merupakan smartphone hasil kerjasama vendor Korea Selatan tersebut dengan Prada Fashion House, yang lebih dikenal sebagai pembuat produk-produk lifestyle, seperti baju, celana, tas, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, L3 terlihat memiliki desain yang cukup menarik, meski terkesan agak kaku. Material pembetukan bodynya menggunakan plastik mengkibatkan bobotnya cukup ringan, namun terkesan tidak solid. Akan tetapi, ketebalannya yang tidak terlalu tebal dan dimensi ukurannya yang pas untuk tangan, membuatnya terasa cukup nyaman dalam genggaman tangan.

Sementara untuk layarnya, tidak ada yang bisa dibanggakan. Perangkat ini dibenamkan LG dengan layar sentuh cukup lebar berukuran 3,2 inci. Layar sentuhnya ini menggunakan teknologi standar smartphone low budget LCD TFT dengan resolusi layar yang mampu dihasilkan mencapai 240x320 piksel.

Sama dengan layarnya, untuk kameranya, L3 pun tidak ada yang istimewa, terkesan standar dengan kapasitas 3,15 megapiksel tanpa disertai fitur flash. Hal ini tentu saja akan merepotkan bila situasi dan kondisi pada saat pemotretan kekurangan cahaya. Kamera L3 ini mampu merekam video berkualitas VGA, sehingga para pengguna jangan terlalu berekspektasi tinggi. Ditambah lagi, LG tidak membenamkan tombol fisik kameranya, sehingga pengguna hanya bisa menggunakan tombol yang tersedia di layar sentuh.

Pada bagian 'dalam'-nya, Optimus L3 dibenamkan prosesor Cortex A5 berkecepatan 800MHz didukung oleh memori sebesar 384 megabyte serta memori internal 1 GB. Semua itu untuk mendukung dan menjalankan platform Android versi 2.3 Gingerbread dan perangkat lunak manajemen antarmuka (user interface) Optimus 2.0 Lite. Namun, pengguna bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan secara eksternal menggunakan slot microSD tersedia, yang mampu mendukung penggunaan memori hingga 32GB.

Sedangkan dari sisi konektivitas, Optimus L3 mendukung beberapa koneksi jaringan lokal, antara lain WiFi 80211 b/g/n, dan bluetooth 2.0, dan slot USB 2.0. Selain itu, LG juga membenamkan dukungan untuk jaringan berkecepatan tinggi (HSPA) yang diklaim mampu mendownload hingga 3.6 Mbps. Yang menarik, meski untuk kalangan pemula, L3 telah dibenamkan sertifikat DLNA, dimana Anda bisa menggunakannya untuk menonton video atau konten via perangkat elektronik yang juga bersertifikasi DLNA.

Disini pengguna akan menemukan berbagai fitur dan aplikasi yang cukup beragam, asal jangan terlalu berharap banyak. L3 secara built-in dibekali dengan browser HTML yang mendukung HTML5, Adobe Flash, terintegarasi dengan situs-situs jejaring sosial populer, dan tentu saja berbagai macam aplikasi dari Google, sang pembuat Android.

Untuk daya 'hidup'-nya, perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 1.500 mAh. Menurut produsennya, baterai ini bisa bertahan hingga 600 jam pada saat mode standby dan mampu bertahan hingga 12 jam 30 menit untuk digunakan bercakap-cakap secara terus menerus.

Sebagai kesimpulan, perangkat low budget terbaru LG ini memang didesain untuk kalangan pemula atau kaum muda yang memiliki dana terbatas. Secara fitur dan spesifikasi, perangkat ini memang cocok bagi kalangan pemula. Tapi, tentu saja jangan terlalu berharap banyak.

Namun, yang menarik, LG menawarkan desain yang menarik dan terkesan mewah, hal ini karena L3 mengadopsi Prada, salah satu smartphone LG yang menawarkan desain paling cantik diantara smartphone buatan LG lainnya. Dari sisi performa secara keseluruhan cukup lumayan untuk sebuah smartphone low budget. Akan tetapi, harga memang tidak 'berbohong'. Pengguna harus bisa berkompromi terkait dengan layar dan kamera yang tersedia.

Tapi, bagi Anda yang sering berkegiatan di internet, perangkat ini cukup lengkap dalam soal koneksi, apalagi dengan adanya dukungan terhadap koneksi 3G HSDPA serta mendukung Flash Player. Hanya saja, kembali kekecewaan bisa muncul terkait dengan rendahnya resolusi layar yang tersedia.


Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100;
Dimensi: 102.6 x 61.6 x 11.85 mm;
Bobot: 110 gram;
Layar: 3.2 inci TFT Capacitive Touchscreen HVGA (240 x 320 piksel) Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Proximity sensor for auto turn-off;
Kamera: 3.15 MP, 2048x1536 piksel with geo-tagging, Video Recording,
OS: Android 2.3 (Gingerbread) + Optimus 2.0 Lite;
Prosesor: 800 MHz, Adreno 200 GPU Qualcomm MSM7227T-1 chipset;
Memori: 384MB (RAM), 1GB (Memori Internal) + microSD (Up to 32GB);
Konektivitas: GPRS/EDGE, HSDPA 3.6 Mbps, HSUPA 384 kbps, Wi-Fi, Bluetooth 2.1 + A2DP, jack audio 3.5mm, microUSB, dan DLNA;
Fitur Lain: SNS integration, Digital compass, A-GPS, Radio FM with RDS, MS, Email, Push email, IM, Browser HTML5, Adobe Flash, Java MIDP emulator, MP4/H.263/H.264/WMV player, MP3/eAAC+/WMA/WAV player, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration, Voice memo/dial, Predictive text input, YouTube application, Document viewer, Photo viewer.
Baterai: Li-Ion 1500 mAh.

Spesifikasi LG Optimus L3 Low Budget, Desain Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Popular Posts