Sabtu, 15 September 2012

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S III 'The Real Beast'

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S III 'The Real Beast' - Perangkat Android terbaru Samsung ini dinilai akan mampu bersaing dengan iPhone terbaru. Selain itu, tingginya fitur dan spesifikasi yang membalutnya, ditopang dengan kinerja yang diklaim sebagai 'one of the best' serta didukung oleh desain yang eye-catching, membuatnya digadang-gadang sebagai 'the real beast'. Benarkah? Simak ulasan kami berikut ini.

Samsung Galaxy S III memang layak ditunggu. Perangkat ini pertama kali diluncurkan awal Mei lalu di London, Inggris, dengan kode sandi GT-I9300. Ponsel pintar besutan Samsung terbaru ini diharapkan mampu meneruskan kesuksesan yang pernah diraih oleh kedua 'abang'nya. Walaupun saat ini Galaxy S tengah digempur oleh berbagai smartphone Android sejenis, Samsung optimis Galaxy S III ini tetap menjadi terdepan di kelas Android premium dan tentu saja mampu bersaing dengan iPhone.

Untuk yang terbaru ini, Samsung memutuskan membuat desain yang terinspirasi oleh alam, namun tetap memiliki kemenarikan di mata manusia (designed for humans). Layarnya yang lebar, membuat Galaxy S III terkesan 'besar'. Namun, smartphone ini memiliki bobot yang ringan dan ramping, meski bukanlah yang paling tipis di dunia. Hal ini dikarenakan material yang digunakan Samsung untuk casing perangkatnya ini menggunakan polycarbonate, sehingga terasa ringan dan tetap enak dalam genggaman tangan. Tampilannya juga terlihat elegan dan mewah, membuatnya pantas masuk dalam kategori smartphone kelas atas.

Sementara untuk layarnya, Samsung membekali Galaxy S III dengan layar sentuh yang lebar, 4,7 inci. Layarnya ini menggunakan Super Amoled HD yang didukung oleh tekonologi layar sentuh kapasitif, sehingga responsif terhadap sentuhan jari. Selain itu, layarnya ini mampu menghasilkan resolusi tampilan mencapai 1280x720 piksel dengan kerapatan hingga 320 piksel per inci. Samsung juga melengkapi layar Galaxy S III-nya ini dengan teknologi pelindung, Corning Gorilla Glass, dan tentu saja dilengkapi dengan perangkat lunak manajemen antarmuka buatan sendiri, TouchWiz UI.

Pada bagian multimedia, yaitu kamera, perangkat ini dilengkapi dengan kamera ganda, depan dan belakang. Pada bagian depan tersedia kamera berkapasitas 1.3 MP, yang mendukung perekaman video berkapasitas 720 piksel dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan video call. Sedangkan untuk kamera utamanya yang tersedia dibagian belakang, pengguna akan menemukan kamera autofocus berkapasitas 8 MP dengan dukungan LED flash, Simultaneous HD video dan image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, dan perekaman videoHD 1080p@30fps.

Untuk jeroan dalamnya, Samsung melengkapi Galaxy S III dengan dapur pacu yang tinggi, yaitu Samsung Exynos dengan empat inti (quad-core) berkecepatan 1.4 GHz yang didukung oleh chipset grafis Mali-400MP, RAM 1 GB, dan kapasitas internal yang bisa dipilih, 16/32/64 GB. Akan tetapi, pengguna bisa meningkatkan penyimpannya menggunakan slot microSD yang tersedia dan mampu menampung hingga 128 GB. Masih kurang? Jangan khawatir, Samsung menawarkan tempat penyimpanan eksternal (storage cloud) via Dropbox dengan kapasitas 50 GB selama dua tahun secara gratis. Mantap!

Dari segi dukungan koneksi, sebagai ponsel pintar Android kelas atas, Samsung membenamkan dukungan koneksi yang sangat lengkap dan terbaru, termasuk 4G LTE, WiFi, Bluetooth v4.0, jaringan berkecepatan tinggi (HSPA), port microUSB yang mendukung MHL dan USB On-The-Go, serta jack audio 3.5mm. Selain itu, tersedia pula fitur koneksi DLNA, yang bisa digunakan untuk menampilkan konten yang ada di Galaxy S III via televisi, atau pun perangkat yang didukung sertifkat DLNA, serta fitur koneksi via NFC (Near Field Communication), yang memungkinkan berkomunikasi dalam jarak dekat.

Sebagai perangkat kelas atas terkini, tidak afdol rasanya bila Samsung tidak membekali Android versi terbaru. Karena itulah, Samsung memilih Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) sebagai platform utamanya. Selain itu, Samsung juga melengkapi perangkatnya ini dengan berbagai fitur-fitur yang menarik. Salah satunya adalah S-Voice. Fitur yang satu ini merupakan fitur yang bekerja hanya dengan menggunakan suara, mirip dengan SIRI yang ada di iPhone. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan pencarian, memainkan lagu, mengatur volume, mengirim SMS, e-mail, sampai dengan memotret.

Ada pula beberapa fitur menarik lainnya yang tersedia di Galaxy S III secara built-in, termasuk Pop Up Play, dimana fitur ini menawarkan Anda untuk menonton, sembari Anda melakukan kegiatan lain di perangkat ini. Contohnya, Anda bisa menonton video sambil melakukan sms atau membaca e-mail. Fitur lain yang menarik adalah Smart Stay. Fitur ini memanfaatkan kamera bagian depan, dimana layar akan terus menyala saat Anda menatap, namun, layar akan mati pada saat Anda menutup atau memalingkan mata/wajah dalam kurun waktu tertentu.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang tersedia, seperti S Beam, Smart Alert, Smart Call, dan tidak ketinggalan fitur yang memudahkan para pengguna dalam beinteraksi dengan orang lain via media sosial internet. Menurut Samsung, Galaxy S III memang dipersiapkan untuk menjadi yang terbaik di kelasnya, menciptakan konektivitas yang tidak terbatas, memudahkan orang berbagi konten, serta diciptakan sebagai smartphone yang mengerti penggunanya. Keberadaa fitur-fitur ini diharapkan dapar memberikan pengalaman mobile yang kaya dan tidak terlupakan.

Sedangkan untuk daya 'hidup'-nya, Galaxy S III mengandalkan baterai berkapasitas 2100 mAh berjenis lithium-ion (Li-Ion). Menurut produsennya, perangkat baterainya ini mampu bertahan pada saat standby hingga 590 jam (2G), 790 jam (3G); serta mampu bertahan hingga 21 jam 40 menit (2G), 11 jam 40 menit (3G) pada saat bicara.

Sebagai kesimpulan, seperti yang telah tertulis diatas, Samsung Galaxy S III memang layak dan pantas ditunggu. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, bahkan dibandingkan dengan sekelasnya, wajarlah, Samsung menaruh harapan pada perangkat terbaru Galaxy S ini. Kerja keras Samsung dalam menghasilkan Galaxy S III, tampaknya membuahkan hasil.

Dari sisi desain, dengan tagline “designed for humans”, Galaxy S III memiliki desain yang eye-catching, elegan, dan berkesan mewah. Sudut-sudunya yang tidak 'kotak', membuatnya berkesan fleksibel dan dinamis. Meski terkesan tidak solid dan 'besar', mungkin juga karena material casingnya yang berbahan besi dan layar yang lebar, perangkat ini tetap terasa nyaman dalam genggaman tangan, meski untuk itu Anda membutuhkan 'tangan besar'.

Yang membuatnya semakin ciamik dan patut ditunggu adalah layarnya yang menggunakan teknologi terbaik di kelasnya, Super AMOLED, yang terbukti mampu menghasilkan tampilan yang sangat tajam dan terang. Ditambah lagi dengan layar yang lebar serta resolusi yang tinggi, rasa-rasanya tampilan layar Galaxy S III pantas disebut yang terbaik.

Dan inilah yang membuatnya makin layak ditunggu. Yups, dapur pacunya. Dengan 'jeroan' yang tersedia, kegiatan Anda berselancar di Galaxy S III tidak akan kecewa. Kecepatan dan kinerjanya sudah pasti diatas rata-rata. Apalagi hanya untuk kegiatan multitasking, sudah pasti dilahap dengan sangat baik. Tidak perlu diragukan lagi, kinerja Galaxy S III adalah 'one of a kind'. Sedangkan dari fasilitas multimedia yang tersedia, Galaxy S III adalah salah satu yang terlengkap dan terbaik.

Dari kesimpulan yang ada, rasa-rasanya pantaslah untuk saat ini, kami menyebut Samsung Galaxy S III sebagai 'the real beast'.


Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 850/900/1700/1900/2100;
Dimensi: 131.3 x 63.7 x 8 mm;
Bobot: 126 gram;
Layar: 4.7 inci (1280 x 720 piksel) Super AMOLED HD Capacitive Touchscreen, Corning Gorilla Glass, Light sensor, Multi-touch input method, Accelerometer, Proximity sensor for auto turn-off;
Chipset: Quad-core 1.4 GHz Exynos + GPU Mali-400MP;
OS: Android 4.0 ICS + TouhWiz UI 4;
Kamera Utama (Belakang): 8MP (3264x2448 piksel), Autofocus, LED Flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, Digital zoom, Video Recording 1080p@30fps;
Kamera Tambahan (Depan): 1.9MP, Video recording 720p@30fps (video call);
Memori: RAM 1 GB, 16/32/64 GB (Internal), slot microSD (up to 128 GB);
Konektivitas: 4G LTE, GPRS, EDGE, WiFi, Bluetooth 4.0, port microUSB v2.0 with MHL support USB On-The-Go, HSDPA (21 Mbps), HSUPA (5.76 Mbps), DLNA, Audiojack 3.5mm, dan NFC;
Fitur Lain: S-Voice, Smart Stay, Dropbox (50 GB storage), S Beam, Smart Call, Smart Alert, Browser & Messaging, HTML 5. WAP 2.0, Adobe Flash, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Google Play ,Google Talk, Gmail, Google Maps, Google +, Facebook, MySpace, Twitter, Text to Speech, Google Voice Search, Adobe Flash, Digital Compass, HTML browser, Adobe Flash, Radio Radio FM stereo dengan RDS, GPS with A-GPS dan GLONASS, Java MIDP emulator, Pembatalan bising aktif dengan mic khusus, TV-out (melalui mhl A / V link), SNS integrasi, multimedia player, Organizer, Gambar / video editor, Dokumen editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integrasi, Voice memo / dial / perintah, Input teks prediksi (Swype), dan masih banyak lagi;
Baterai: Li-Ion 2100 mAh.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S III 'The Real Beast' Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Popular Posts